Home Member Event

Analisis Teknikal saham – Macam – macam trend dalam saham

Ruang Saham Patiga Analisis Teknikal saham- Dasar dari teknikal analisis adalah kemampuan mengenali sebuah trend yang sedang terjadi pada suatu saham.  Kemampuan mengenali trend yang sedang terjadi pada suatu saham merupakan kunci dalam mengenali pola pada pergerakan market. Karena harga market bergerak mengikuti tren.

        Tren adalah kecenderungan arah pergerakan harga pada market dalam kurun waktu tertentu. Menurut Dow Theory terdapat tiga jenis tren, yaitu :

Uptrend (Kecenderungan harga naik) adalah kondisi harga saham cenderung naik jika ditarik dari titik terendahnya. Posisi harga puncak dan posisi dasar selalu meningkat sehingga membentuk garis pergerakan yang selalu naik.

baca juga : 3 arah trend dalam saham

 Downtrend (Kecenderungan harga turun) adalah kebalikan dari uptrend. Posisi harga puncak dan posisi dasar turun secara terus menerus sehingga membentuk garis pergerakan menurun.

Sideways (Tren Datar) adalah kondisi harga saham tidak seperti uptrend dan downtrend. Pada kondisi ini posisi harga puncak dan posisi harga dasar cenderung menyamping atau bergerak datar. 

Dow Theory juga membagi tren kedalam 3 bagian yaitu :

Major trend (Primary trend)

Major trend (Primary trend) merupakan tren secara garis besar atau dalam kurun waktu yang lebih lama. Jangka waktu tahunan. 

baca juga : Mengenal Investasi Saham

Secondary trend (Intermediate trend)

Secondary trend (Intermediate trend) merupakan koreksi sesaat pada major trend. Jika ada penurunan hal ini bersifat wajar dan sementara. Batasan waktu antara minggu – bulan.

Minor Trend (nearest-term trend)

Minor Trend (nearest-term trend) merupakan tren dengan Batasan waktu terpendek yaitu kurang dari 3 minggu. Minor trend adalah fluktuasi / perubahan harga yang terjadi dalam secondary trend. (JO)