Home Member Event

Investasi saham – Mengenal Investasi Saham

Ruang Saham Patiga – Mengenal Investasi Saham oleh Muhammad Raihan Rahmadian Investasi sangat penting dimulai se dini mungkin untuk mempersiapkan kebutuhan yang yang direncanakan maupun tidak direncanakan di masa yang akan datang. Jika mulai berinvestasi, anda akan mendapat penghasilan tambahan tanpa perlu membuka bisnis sendiri. 

 Investasi sendiri adalah tindakan menanamkan sumber daya yang akan bertumbuh seiring berjalannya waktu. Semakin cepat memulai berinvestasi, maka keuntungan yang akan didapatkan akan semakin besar. Investasi juga berguna untuk melindungi aset yang kita miliki dari inflasi setiap tahunnya. Saat ini banyak sekali jenis instrumen investasi, beberapa contohnya yaitu :

1. Saham

2. Reksa Dana

3. Deposito Berjangka

4. Obligasi

5. Properti

6. Emas dan Logam Mulia

SAHAM

Namun kali ini kita akan membahas Investasi Saham. Apa sih saham itu? Saham adalah bukti kepemilikan sebuah perusahaan. Jika kita membeli saham perusahaan A, berarti kita memiliki hak kepemilikan atas perusahaan tersebut.

baca juga : ANALISIS TEKNIKAL SAHAM – MACAM – MACAM TREND DALAM SAHAM

             Investasi Saham saat ini adalah yang paling diminati mulai dari anak muda hingga orang tua, Banyak alasan mengapa seseorang lebih memilih saham dari pada jenis investasi lainnya, yang paling mudah adalah investasi saham sangat fleksibel dan mudah diperoleh. Investasi saham juga sangat praktis dan tidak membutuhkan modal yang besar. Ada beberapa keuntungan dalam menanam saham, diantaranya adalah

 Dividen

Dividen merupakan pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan kepada investor yang diperoleh dari laba perusahaan. Dividen yang diberikan berupa uang tunai

JOIN GRUP SAHAM GRATIS

➢ Capital Gain

Keuntungan karena adanya aktivitas perdagangan saham di pasar sekunder yang merupakan selisih antara harga jual dan beli

Dalam berinvestasi saham, terdapat dua macam cara untuk menganalisis pergerakan harga saham, yaitu

➢ Analisis Teknikal

Analisis Teknikal digunakan oleh investor jangka pendek dengan cara memprediksi harga saham kedepannya, berdasarkan histori pergerakan harga suatu saham di masa lalu dengan menggunakan pola dan trend dari grafik suatu saham.

 Analisis Fundamental

Analisis Fundamental digunakan oleh para investor jangka panjang dengan cara menilai intrinsic value atau harga wajar sebuah suatu perusahaan dibandingkan dengan harga saat ini atau dengan mudahnya mencari harga diskon dari perusahaan tersebut, bisa juga digunakan untuk dibandingkan dengan perusahaan lainnya yang bergerak di sektor yang sama. Analisis Fundamental mengandalkan laporan keuangan perusahaan tersebut, kondisi sektor, kondisi makro ekonomi Negara maupun global.