Home Member Event

Yuk Kenalan Sama Analisis Fundamental

Ruang Saham Patiga –  Analisis fundamental oleh Muhammad Raihan Rahmadian Setelah kita mengenal investasi saham pada majalah sebelumnya, kita akan mengenal 2 tipe investor, yaitu investor jangka panjang dan investor jangka pendek. 

                Sebagai investor, tentu tujuan utamanya adalah untuk meraih keuntungan. Untuk itu, sangat penting sekali bagi setiap investor dapat mengenali saham yang akan dibeli dengan menggunakan berbagai analisis, seperti analisis fundamental dan teknikal.

            Analisis fundamental sering digunakan oleh investor jangka panjang, sedangkan analisis teknikal digunakan oleh investor jangka pendek atau yang biasa kita sebut dengan trader. Namun pada pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai analisis fundamental.

baca juga : Investasi saham – MENGENAL INVESTASI SAHAM

Apa itu analisis fundamental?

            Analisis fundamental adalah analisis yang berdasarkan pada kondisi suatu perusahaan, kondisi ekonomi dan industri perusahaan tersebut. Saham merupakan jenis investasi yang memiliki risiko kerugian yang sangat tinggi, maka dari itu diperlukan menganalisis perusahaannya secara menyeluruh sehingga kita dapat mencapai target yang diinginkan. Analisis fundamental bertujuan untuk mengetahui nilai intrinsik sebuah saham. Apa itu nilai intrinsik saham? Nilai intrinsik saham adalah nilai sesungguhnya dari suatu saham yang berbeda dari book value nya. Nilai intrinsik memperhitungkan aset yang terlihat dan yang tidak terlihat.

JOIN GRUP SAHAM GRATIS

                Tujuan utama analisis fundamental adalah untuk jangka panjang, bukan untuk mencari profit yang instan. Esensi analisis fundamental adalah untuk membeli bisnis yang memiliki prospek bagus dan dibeli diharga yang bagus juga, seperti yang dikatakan Warren Buffet yang merupakan investor terkaya di dunia “It’s far better to buy a wonderful company at a fair price than a fair company at a wonderful price.”

                Melalui analisis fundamental, kita bisa terhindar dari membeli saham yang tak layak untuk dibeli, karena kita sudah menganalisis bagus atau buruknya perusahaan dan juga prospek sektor perusahaan tersebut kedepannya. Tetapi perlu diingat, analisis fundamental berlaku untuk investor jangka panjang yang mungkin mampu menunggu kenaikan saham yang sudah dianalisis nya selama 5 tahun atau lebih. Analisis fundamental berlaku untuk investor yang sangat sabar, seperti Warren Buffet yang menyimpan saham Berkshire Hathaway selama lebih dari 30 tahun.