Home Member Event

Support & Resistance Yang Terlalaikan

GAP

Seringkali saat kita melihat Candle-Candle yang ada, kita melihat namun tidak begitu menghiraukan adanya area kosong di antara candle-candle tersebut yang biasa kita sebut dengan GAP.

contoh gap pada candle

GAP sendiri ada dua :

  1. Gap Up
  2. Gap Down

1. GAP UP

Gap up berarti terjadinya sebuah lonjakan pada nilai pembukaan candle, sehingga terdapat kekosongan antara harga terendah hari itu ( bagian bawah candle) dengan harga tertinggi pada candle sebelumnya (bagian atas candle sebelumnya)

Contoh:
Saham ESSA ditutup di harga tertingginya di 630 pada hari Senin , kemudian pada hari selasa saham ESSA dibuka di harga 680 dan harganya closing di atas 700.

Kekosongan antara 630-680 tadi dinamakan GAP UP.

  1. GAP DOWN

Gap Down berarti anjloknya nilai pada nilai pembukaan candle, sehingga terdapat kekosongan antara harga tertinggi hari itu ( bagian atas candle) dengan harga terendah pada candle sebelumnya (bagian bawah candle sebelumnya)

Contoh:
Saham BUMI ditutup di harga terendah di 58 pada hari Rabu , kemudian pada hari Kamis saham BUMI dibuka anjlok di harga 53 dan harganya closing di bawah 51.

*Gap Up dan Gap Down *sering kali diacuhkan oleh mata kita (sebagai para pelaku pasar) saat menganalisis pergerakan suatu saham ataupun index dengan alasan tidak ada kewajiban untuk menutup GAP yang terbentuk.

Namun, mau tidak mau GAP baik *GAP UP dan GAP DOWN *merupakan sebuah resistance dan Support yang harus tetap kita perhatikan karena seringkali saham rejecetion di area GAP tersebut.

ANGKA PSIKOLOGIS

Seringkali saham bergerak naik atau turun sehingga terjadi perubahan pergerakan range harga dan kelipatan kenaikannya
490 ke 520
985 ke 1020
4980 ke 5050

Contoh:

Saham IPPE bergerak menguat dari 486 ke Angka 515.
Perhatikan bahwa di bawah 400 naiknya masih 2 angka, namun ketika menginjak angka 500 maka satu ticknya naiknya 5 angka

Kadang hal ini sering kita acuhkan padahal angka tersebut seringkali menjadi titik kunci dari pergerakan lanjutan saham. Di mana angka tersebut menjadi Support & Resistance Psikologis

⚠️FORMULA KHUSUS MEMBER PRIORITAS⚠️

~
Rahasia Untuk Member Prioritas Saja
~

💎SELANGKAH LEBIH KAYA BERSAMA RUANG SAHAM PATIGA💎